Senin, 19 Desember 2011

Perbedaan CMS Gratis dan CMS Komersial


Jika Anda mencari sebuah CMS (Content Management System) di Internet, maka Anda akan diberikan banyak sekali pilihan. Seperti Joomla, WordPress, dan Drupal adalah sebagian dari CMS Gratis (Open Source) yang populer. Masih banyak CMS Gratis lainnya yang bisa Anda gunakan. Selain CMS gratis, juga banyak CMS Komersial yang bisa digunakan untuk perusahaan, toko online, web portal, web pendidikan, dll.

Diantara CMS Gratis dan CMS Komersial tersebut, manakah yang terbaik untuk digunakan? Sangat susah untuk menentukan mana yang terbaik, semua tergantung pada jenis website yang akan dibuat, untuk apa website tersebut dibuat, dan berapa budget yang tersedia untuk membuat website tersebut.

Sebelum Anda menentukan menggunakan CMS Gratis atau CMS Komersial untuk website Anda, ketahui dulu apa perbedaan dari kedua jenis CMS tersebut.

CMS Gratis (Open Source)
CMS Gratis tersedia secara gratis di Internet, yang bisa di-download dan dirubah kode script-nya. Karena bersifat gratis, pengembangannya berasal dari para developer yang secara sukarela berkontribusi dalam perbaikan dan peningkatkan performanya. Biasanya perkembangan CMS Gratis lebih cepat daripada CMS Komersial.

Kelebihan CMS Gratis :
Proses installasi yang cepat dan gratis, kecuali pembayaran untuk sewa domain dan hosting.
Pengujian performa dan stabilitas-nya lebih cepat (belum tentu lebih baik) karena pengguna dan pengembang banyak.
Biasanya banyak dukungan Technical Support di forum atau blog tutorial.

Kekurangan CMS Gratis :
Sistem Keamanan tidak sebaik CMS Komersial, karena sifatnya yang Open Source atau kode script bisa dilihat dan bisa dipelajari oleh siapa saja.
Jumlah pengembang yang banyak menimbulkan kemungkinan besar terjadi kerusakan (crash) pada sistem, karena tiap web developer memiliki kebiasaan yang berbeda dalam mengembangkan suatu aplikasi web.
Karena siapa saja boleh berpartisipasi untuk pengembangan, maka tidak semuanya profesional. Sehingga sering muncul masalah karena pemrograman tidak kompeten.
Pilihan menu setting yang sangat rumit dan dibutuhkan kemampuan bahasa pemrograman untuk meng-integrasi tiap-tiap aplikasi.

CMS Komersial
Pada dasarnya CMS Komersial hampir sama dengan CMS Gratis, yaitu sama-sama memiliki kemampuan untuk mengelola konten web. Hanya pada CMS Komersial akses pada kode script dibatasi. Bahkan pada beberapa Perusahaan Web Developer, tidak bisa mengakses kode script, atau harga untuk bisa mengakses kode script sangat mahal. Dalam arti bahwa klien membeli hak penuh atas kode script yang telah dibuat.

Kelebihan CMS Komersial :
Sistem Keamanan lebih baik dari CMS Gratis karena kode script tidak bisa di akses, atau hanya klien yang bisa melihat kode script tersebut.
Kemungkinan terjadi crash pada aplikasi lebih kecil karena aplikasi dibuat oleh developer yang sama.
Pengembangan lebih kompeten karena ditangani oleh developer yang profesional.
Bagi klien, tidak rumit dan tidak dibutuhkan kemampuan bahasa pemrograman karena biasanya CMS Komersial dibuat se-sederhana mungkin (users friendly) sesuai dengan kebutuhan klien.

Kekurangan CMS Komersial :
Proses pembuatan yang lama dan biasanya harganya mahal, karena pihak developer membangun dari nol.
Performa dan stabilitas-nya butuh waktu lama untuk pengujian.
Technical Support biasanya dikenai biaya tambahan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dyah Sharaswati Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
and web hosting